Gak bisa mudik lebaran, Shinta Priwit rilis Kangen Kutho Solo

Gak bisa mudik lebaran, Shinta Priwit rilis Kangen Kutho Solo
Shinta Priwit ( pojoksinema )

POJOKSINEMA – Biduan Shinta Priwit kembali merilis single anyar di platform YouTube-nya berjudul  “KANGEN KUTHO SOLO” pada Minggu ( 2/5) lalu.

Melihat dari judulnya dengan menggunakan kata KUTHO bukan KOTA, Shinta Priwit mengatakan bahwa ia memang  menggunakan lirik Bahasa Jawa di lagu ini.

Lagu ini tidak termasuk dalam rangkaian Album 7URUS HIDUP MAKIN ASYIK,  yang telah sudah di rilis sebelumnya, sementara yang teranyar jurus ke-5 “KUTEMUKAN CAHAYA” belum lama ini dirilis  tepat di awal Bulan Suci  Ramadhan.

Lagu “KANGEN KUTHO SOLO” khusus dirilis sebelum Shinta Priwit melanjutkan jurus ke-6 pada rangkaian album 7URUS HIDUP MAKIN ASYIK, ia sengaja merilisnya bertepatan  momentum Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei.

” Aku ingin turut serta mengkampanyekan pelestarian penggunaan Bahasa Ibu (Bahasa Daerah), dimana penggunaan Bahasa Ibu juga sedang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa). Bahasa Ibu memberikan kontribusi positif dalam proses belajar, terutama kelas awal, ” paparnya kepada pojoksinema.com.

Hal ini pun yang membuat biduan berdarah Solo ini,  ingin berkontribusi untuk menghidupkan kembali Bahasa Daerah.

Namun sesungguhnya, pengakuan Shinta bahwa ia-pun baru mulai belajar bahasa Jawa, yang pelafalannyaa-pun masih  sangat jauh dari kata sempurna.

” Ini terlihat dan tersa sekali saat aku menyanyikan lagu berbahasa Jawa,. Masih jauh dari sempurna, ”

Bahkan secara artipun Shinta mengakui bahwa  ia hanya baru  mengerti pada lirik yang dinyanyikannya saja, “Lah abis piye, butuh waktu dan praktek lebih sering, aku lahir ning Jakarta, dadine saat ini aku baru bisa memulai dulu dari suatu hal yang aku senangi yaitu lewat menyanyi dan menciptakan lagu, sing penting niatnya baik toh??”, celotehnya sambil tertawa dengan logat Jawa yang campur aduk.

shinta Priwit
Shinta Priwit

Lagu inipun juga dirasakannya sebagai sikap mendukung pemerintah untuk tidak mudik saat libur labaran

” Rindu Solo, tapi aku gak bisa pulang kampung dulu. Karena ikut seruan pemerintah untuk tidak pulang kampung saat libur panjang lebaran. Ini demi mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 ”

” Karena gak bisa pulang kampung ke Solo, kebayang deh seperti apa eloknya Solo dalam anganku, dari mulai ramah tamah masyarakat , wisata, juga pastinya kulinernya, ” tutupnya. (Q2)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *