Misi “Mat Kilau” bersiap tanggok box office di Indonesia

syamsul yusof dan dewi amanda
Sutradara Syamsul Yusof ( sutradara ), Dewi Amanda ( produser/distributor film ) dan aktor Fattah Amin ( foro : kicky herlambang/pojoksinema.com )

POJOKSINEMAFakta kenapa film Mat Kilau : Kebangkitan Pejuang memuncaki kantong box office Malaysia memang tidak terelakkan, sutradara Syamsul Yusof cukup serius menggarap genre biopic- aksi ini, bahkan kini bersiap tanggok box office di Indonesia.

Kini Mat Kilau: Kebangkitan Pejuang telah mengantongi tak kurang dari 100 juta ringgit atau sekitar 300 miliar rupiah lebih atau sekitar 25 juta US dollar lebih.

Cukup takjub bagi saya (penulis) melongok kemampuan sosok Mat Kilau ( diperankan oleh Adi Putra) yang bukan saja pandai bersilat dan pejuang sejati, namun kemampuan taktis Mat Kilau merogoh kocek penonton bioskop Malaysia untuk memadati tabungan box office film yang diproduseri oleh   Rahman Dali dan Shahruddin Dali itu.

Perfilman nasional Indonesia patut mereka-reka jurus apa yang digunakan Mat Kilau hingga berkemampuan tinggi untuk memasok uang di box office, apalagi ini jenis film biopik-aksi.

Tak banyak film-film berbasis biopic-laga yang sukses di pasaran.

Teringat saya dengan legenda Betawi (Jakarta) ‘Si Pitung’ pendekar santun yang melawan penjahat kompeni VOC di eranya.

Seperti biasa pahlawan biopic selalu punya kesan elok, santun, patuh dengan ajaran Tuhan, selalu senang membantu sesamanya yang tertindas oleh para penjajah.

Film Si Pitung ( Diperankan mendiang aktor Dicky Zulkarnaen ) juga punya era emas ketika film itu beredar pada dekade 70-an.

gala premiere mat kilau
Premier Mat Kilau : Kebangkitan Pejuang ( foto ; kicky herlambang/pojoksinema.com )

Nah, lain Si Pitung...  lain pula Mat Kilau.

Film Mat Kilau: Kebangkitan Pejuang arahan Syamsul Yusof ini memang tampak dikemas dengan nuansa heroik bangsa melayu yang geram dengan perilaku penjajah Inggris yang menduduki Malaysia di era 1892.

Yusof memperlihatkan kepiawaiannya sebagai sutradara ‘box office’ dalam membungkus Mat Kilau : Kebangkitan Pejuang untuk lelausa menjadi sebuah tontonan menghibur.

Ramuan sebagian choreography silat yang juga ditangani aktor laga yayan Ruhian, cukup mengesankan.

Alhasil semua adegan silat yang dibungkus teramat wajar dan terampil.

Bahkan saya sangat menikmati banyak scene pertarungan dengan atraksi ‘buka gelanggang’ lalu sikap, sikap pasang dan kuda kuda, beberapa adegan ini sukses direkam dengan estetika sinematografi.

Sekali lagi, Mat Kilau: Kebangkitan Pejuang ( Di Indonesia beredar dengan judul Mat Kilau : Kebangkitan Pahlawan ) tidak serta merta berdakwah dengan pesan-pesan moralnya yang kuat.

Lebih dari itu , Mat Kilau: Kebangkitan Pejuang juga berhasil menyuguhkan tontonan laga yang menghibur.

Anda bisa menyaksikan Mat Kilau: Kebangkitan Pahlawan mulai 31 Agustus di bioskop-bioskop tanah air! (Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *