Kejutan Di FFWI 2023, Ada Hadiah Insentif Uang Untuk Pemenang

wina sukardi
Tahun ini kami berupaya mulai merintis memberikan apresiasi dalam bentuk uang

POJOKSINEMAPada gelaran tahun ini Panitia Penyelenggara Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2023, akan memberikan insentif uang. Pemberian insentif dalam bentuk uang ini pertama kali, untuk selenajutnya dijadikan tradisi yang diberikan kepada para pemenang.

Hal ini terungkap ketika acara peluncuran FFWI 2023, Rabu (29/3), di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Jakarta. Sementara peluncuran FFWI beberapa waktu lalu itu digelar sederhana dengan memotong tumpeng dan buka puasa bersama.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua Yayasan PPHUI,  Sonny Pujisasono. Serta Ketua Tim Pokja Alif Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (PMM) Kemendikbudristek, Eddy Suwardi.

Turut pula dihadiri sejumlah kerabat wartawan yang menjadi Juri Awal FFWI 2023.

“Meski jumlahnya saat ini belum banyak, Tahun ini kami berupaya mulai merintis memberikan apresiasi dalam bentuk uang. Ke depannya nanti, jumlahnya diusahakan semakin besar,” ujar Wina Armada Sukardi, ketua FFWI.

Dalam kesempatan sama, Edi Suwardi lewat sambutannya menyambut baik upaya-upaya penyelenggaraan FFWI XIII tahun 2023. Apalagi, katanya ‘berkaitan erat dengan peringatan Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret 2023’.

“ Peluncuran FFWI XIII hari ini adalah salah satu bentuk perayaan atas pencapaian-pencapaian luar biasa insan perfilman Indonesia. Karena itulah kami dukung sepenuhnya penyelenggaraan FFWI,” jelas Edi Suwardi.

Sementara, Sonny Pujisasono, menyebut kegiatan FFWI merupakan sinergi untuk membentuk ekosistem perfilman. Menurutnya kegiatan FFWI sangat baik di tengah tumbuh kembangnya perfilman nasional.

Sambut Baik Hadiah Uang

Para pekerja film sangat  menyambut baik adanya insentif uang sebagai hadiah kemenangan dari FFWI 2023, meski jumlahnya tidak  besar.

Rasya Alrizky, pemain utama dalam film Abigia (Genflix), menyebut hadiah dalam bentuk apapun sesungguhnya menyenangkan.

“Tidak penting soal sedikit atau banyaknya jumah hadiah uang, tetapi sebagai sebuah penghargaan itu patut disyukuri. Apalagi pemenang tetap dapat piala,” ungkapnya.

Nama Rasya Alrizky tercatat telah dua kali berturut-turut berpartisipasi sebagai pembaca nominasi FFWI 2021 dan FFWI 2022

Nominator FFWI 2022 untuk kategori Penulis Skenario genre komedi Ilya Aktop, sangat setuju dengan pemberian hadiah uang. Menurutnya, tolak ukur yang terpenting adalah apresiasi itu sendiri.

“Entah berupa piala maupun uang. Dengan adanya penghargaan tersebut, hasil jerih payah teman-teman sineas film Indonesia diapresiasi dengan baik,”ujar.

Sementara itu aktris Ingrid Widjanarko juga menyambut positif pelaksanaan FFWI 2023. Ia mengatakan upaya perhelatan ini terus semakin disempurnakan, termasuk rencana pemberian hadiah berupa uang.

Ia menambhakan, di tengah kian beragamnya festival film di negeri ini, akan semakin bermanfaat bagi kejayaan film Indonesia.

“Jika tidak ada perbandingan, tidak akan ada semangat positif untuk perbaikan, kemajuan dan identitas prestasi dalam karya dan berkarya. Maju terus FFWI. Maju terus Film Indonesia,” ujar pemeran film “Iblis Dalam Kandungan” itu bersemangat.

baca juga : Kabar Bagus Dari Festival Film Wartawan Indonesia 2023

FFWI 2023 yang mengambil tema “Gemilang Indonesia, Perfilman Hebat, Kebudayaan Unggul” akan melakukan proses penjurian FFWI dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, atau penjurian awal, film-film yang masuk akan dinilai oleh 21 wartawan terpilih dari seluruh Indonesia. Tahap kedua, ada 5-7 juri akhir, yang terdiri dari wartawan senior. (Q2/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *