Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri FFWI 2023

' tidak ada aturan baku dalam literatur maupun undang-undang

POJOKSINEMAPanitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XIII tahun 2023 menggelar “Sosialisasi Pedoman Penilaian Dewan Juri”. Gelaran sosialisasi ini bertempat di Gedung E Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Jakarta, Rabu (24.5).

Direktur Bidang Penjurian dan Pengadaan Film FFWI, Tertiani Simanjuntak, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Dewan Juri FFWI dalam memilih karya film nasional terbaik.

“ Di samping itu kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan kredibilitas sistem dan metode penilaian penjurian FFWI,” jelas mantan wartawan The Jakarta Post itu.

Dalam sosialisasi itu tampil empat narasumber ; Rita Srihastuti (Anggota LSF), Susi Ivvaty (Editor dan Pendiri alif.id), Daniel Irawan (Penggiat Perfilman), dan sutradara Helfi Kardit.

Para Dewan Juri yang turut hadir dalam kegiatan via daring menyimak penuh antusias. “Bagi kami kegiatan sosialisasi ini sangat menambah wawasan dalam menilai film,” ungkap Thomas Manggala, wartawan Sindonews, anggota Dewan Juri Awal.

Siapa Layak Jadi Juri?

Daniel memaparkan, dalam menilai film pada suatu festival, pertama harus diperhatikan adalah siapa yang layak menjadi juri. Lalu kemudia  apa syaratnya

Memang tidak ada aturan baku dalam literatur maupun undang-undang. Selain satu: buku panduan penilaian yang disusun panitia.

Daniel menempatkan produser film, kritikus film, pakar film, aktor dan aktris, terakhir wartawan peliput film, adalah orang-orang yang layak menjadi juri festival film.

“ Dan di antara semua profesi, wartawan peliput film yang paling layak menjadi juri festival film,” tegasnya.

Alasan Daniel, karena keseharian pekerjaan mereka adalah mengikuti dan menuliskan produksi dan sering menonton film.

Daniel menekankan, sebagai juri terpilih, ia menyebut wajib memiliki pengetahun wawasan dan referensi film yang luas soal film. Juga memiliki pengetahuan tentang teknis film, dan tak kalah penting adalah rajin menonton film.

Kelebihan wartawan sebagai juri dalam pandangan Daniel adalah karena mereka sering berinteraksi dengan penonton film. Memintai pendapat penonton film dan film apa yang sedang digandrungi oleh penonton film.

Tidak Kepala Kosong

Sedangkan Susi Ivaty menerangkan, untuk menjadi Juri yang menilai film, harus tidak dengan kepala kosong. Dengan begitu, kata Susi, seorang juri bisa mengajukan argumen mengapa dia memilih suatu film untuk dinilai bagus atau tidak.

“ Seorang juri harus mampu memaparkan dan berargumentasi tentang defenisi sebuah film yang baik atau buruk. Dan pada akhirnya, bisa menyimpulkan definisi itu sangat dinamis dan berspektrum!,” kata Susi.

Susi menambahkan, berdebat dan mengadu argumentasi dalam menilai film sangat bagus. “ Harus menjadi tradisi yang dipertahankan dalam penyelenggaraan FFWI,”

Dalam pandangan Susi, dalam beradu argumen itu harus dilandaskan pada pengetahuan film yang mumpuni, meski tidak sempurna. Karena dalam menilai film, setiap orang memiliki sudut pandang sendiri, tetapi mempunyai alasan yang secara teknis bisa diterima.

baca juga : Cerita Dewi Amanda Dari Festival Film Cannes 2023

Bagi Susi yang tak kalah penting juga, juri wajib mengetahui budaya dan adab suatu daerah atau komunitas. Meski itupun tidak harus ahli.

Susi mengingatkan, penempatan soal budaya ini terlihat kuat dalam film-film Korea maupun Hollywood.

“ Film mereka sukses terletak pada apa sih? Saya kira terletak pada kultur yang membungkusnya, ada bahasa, ada gerak, ada musik. Sehingga sebenarnya, membaca film adalah membaca budaya!” tandas Susi.

Pada kesempatan sama, Rita Sri Hastuti Wartawan Senior Anggota LSF, menyebut harus disepakati bersama. “ Penilaian sebuah film jangan hanya dari rasa saja,”

Rita menguraikan, kalau di genre drama, apakah cerita bisa menyentuh keharuan? Tetapi keharuan itu bukan cengeng. Lantas untuk genre Laga, Action dan Horor adegan dan cerita dan dilihat masuk akal atau tidak.

“Semua itu bisa jadi bahan penilaian yang didiskusikan bersama,”ujarnya.

Di bawah koordinasi Kemendikbudristek panitia FFWI 2023 sudah mulai bekerja dengan menyusun daftar film-film yang tayang di bioskop dan OTT mulai 1 Oktober 2022-30 September 2023. (Q2/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *