Atlet Aries Susanti Rahayu Terharu Perankan Dirinya Sendiri di Film 6,9 Detik

POJOKSINEMA – Keharuan menyelimuti atlet panjat tebing, Aries Susanti Rahayu, yang telah berhasil memerankan dirinya sendiri di film 6,9 Detik. Sebuah film arahan sutradara Lola Amaria yang berkisah perjuangan hidup peraih medali emas di ajang Asian Games 2018 tersebut. Untuk itu, Ayu, sapaan Aries Susanti Rahayu, mendapat julukan ‘Spiderwoman’.

 

Judul filmnya 6.9 Detik adalah rekor standar internasional yang harus dipecahkan oleh para pemanjat tebing jika ingin menjadi sang juara dalam cabang olahraga yang satu ini.

 

“Saya terharu sampai nangis jadi keinget masa lalu yang memang penuh perjuangan,” kata Ayu dalam acara press screening film ‘6,9 Detik’ di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).

 

Ayu mengaku benar-benar tak menyangka Lola Amaria mengangkat kisah hidupnya dan mengajak bermain di ‘6,9 Detik’. “Nggak tahu juga, tahu-tahu datang, terus saya nerima,” ungkapnya.

 

Menurut Ayu, proses tahapannya tidaklah gampang. “Tahapannya, lewat ketum kami di Federasi Panjat Tebing Indonesia. Sebelum datang ke saya, beliau datang ke rumah. Waktu itu menceritakan kisah saja, nggak tahu ternyata saya harus main juga jadi diri saya sendiri, “ tuturnya penuh rasa syukur.

 

Ayu berharap film kisah hidupnya yang diperankan dirinya sendiri berdampak positif. “Semoga dapat bermanfaat, memberi inspirasi pada masyarakat, dan memperkenalkan panjat tebing ke kancah kita dan internasional, “ harapannya.

 

Adapun, Lola Amaria, mengungkap latar belakang keluarga Ayu yang sederhana bisa menjadi contoh bila kesuksesan bisa diraih meski banyak halangan. “Jadi motivasinya dia diangkat sesuai kesepakatan dengan panjat tebing, “ ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Lola membeberkan proses pembuatan film tersebut. “Kemudian kami lakukan riset dan jadilah naskah ini beberapa bulan. Ada sport movie-nya, cuman kami membuat sebuah inspirasi, semiskin apapun kita kalau kita kerja keras pasti akan ada hasilnya kok,” tandas Lola.

 

‘6,9 Detik’  berkisah tentang tumbuh kembang seorang juara dunia yang dimulai dari sebuah desa kecil di Purwodadi, Jawa Tengah.  Ayu kecil–kemudian Aries (Aries Susanti Rahayu)–anak seorang TKW yang besar dengan gelisah, mencari jalannya sendiri saat remaja untuk menjadi atlit panjat tebing nasional.  Ledakan emosinya selama tumbuh kembang berhasil menjadikannya juara Asian Games 2018. Kisah tumbuh kembang seorang perempuan tidak pernah sederhana.  Ia dibentuk oleh segala aral pencarian jati diri dan harapan orangtuanya.  Ia mempertanyakan apakah menjadi juara artinya berdamai dengan segala luka dan suka yang telah lewat.

 

Film Produksi Lola Amaria Production dan Federasi Panjat Tebing Indonesia ini juga turut dibintangi Aryo Wahab, Rukman Rosadi, Maryam Supraba, Rangga Djoned dan masih banyak lagi. Film ini bakal tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 26 September 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *