Dekatkan dengan Masyarakat, FFI 2019 Gelar Nobar Film di MRT

POJOKSINEMA – Gelaran festival film nasional yang rutin diadakan setiap tahunnya,  Festival Film Indonesia (FFI) kembali siap digelar. Ajang penghargaan paling tinggi di Tanah Air dengan Piala Citra itu mengusung tema #FilmBagusCitraIndonesia. Sebuah penghargaan sebagai sebuah ikhtiar bersama untuk mencari, memilih, dan mempromosikan film-film dan kerja artistik terbaik.

 

“Banyak program acara yang dirancang buat mendekatkan FFI kepada masyarakat. Program tersebut salah satunya adalah pemutaran film di berbagai lokasi sekitar stasiun MRT, “ kata Lukman Sardi, selaku Ketua Komite FFI tahun 2018-2020, saat acara peluncuran dan konference pers Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Aria Ballroom, The Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019).

 

Lukman menjelaskan bahwa Komite FFI bekerja sama dengan beberapa pihak melakukan banyak evaluasi di penyelenggaraan FFI tahun 2019 ini. Hal itu dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah film luar biasa yang menjadi juara.

 

“Bersama Badan Perfilman Indonesia (BPI) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Komite FFI melakukan evaluasi untuk mencari tahu apa yang harus diperbaiki tahun ini. Terutama yang penting adalah penilaian, supaya kita dapat menghasilkan yang lebih baik lagi,” bebernya.

 

Menandai penyelenggaraan ke-39, Komite FFI melalui penghargaan Piala Citra ingin semakin mengukuhkan posisinya sebagai otoritas kualitas film Indonesia. Ada tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, yaitu gagasan dan tema, kualitas estetika, serta profesionalisme.

 

Menurut Lukman, penyelnggaraan FFI tahun 2019 ini berperan sangat penting untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia agar dapat mengimbangi produksi film Indonesia yang semakin berkembang pesat.

 

“Kita tahu bahwa produksi film Indonesia meningkat pesat. Tapi Itu tidak beriringan dengan SDM itu sendiri. FFI punya peran untuk meningkatkan hal itu,” ungkapnya.

 

Film yang berhak mengikuti seleksi FFI 2019 adalah film yang sudah tayang di bioskop periode 1 Oktober 2018-30 September 2019 (umum/ berbayar/ pemutaran khusus). Berikutnya akan diumumkan nama-nama yang terdapat dalam tim seleksi, juga berbagai kegiatan lain yang akan dilakukan menuju Piala Citra 2019.

 

Di bulan November nanti, Festival Film Indonesia akan mengadakan Malam Pengumuman Nominasi dan eksibisi Piala Citra 2019. Setelahnya dilakukan pemutaran film nominasi Piala Citra 2019 dan temu sapa di 3-5 kota yang memiliki bioskop dan sekolah seni. Malam puncak acara ini akan digelar pada bulan Desember mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *