Ip Man 4 : The Finale ( pojoksinema.com )

Ip Man 4 : The Finale, saatnya membuat spin off Ip Man lainnya

POJOKSINEMA – Donnie Yen sebagai aktor dan produser film  Ip Man 4 : The Finale, telah menuntaskan janjinya untuk membuat keseruan yang memukau mata dalam instalasi terakhir kisah heroik legenda pendekar kungfu Ip Man.

Namun demikian sebenarnya pada Ip Man 3, film ini sebenarnya harus berakhir karena kemunculan Mike Tyson sebagai kameo yang beradu otot dengan Ip Man kurang berkesan (bagi saya, penulis).

Beruntung intalasi ke tiga tersebut ada aktor laga Max Zhang yang berperan sebagai Cheung Tin-chi ahli Wing Chun, menjadi lawan berat Ip Man.

Mesang Mike Tyson dalam IP Man edisi 3, adalah sesuatu yang bodoh, bisa disebut hanya sebagai dimensi politik belaka ketika Tiongkok sedang asik bergaduh dengan Amerika Serikat.

Hal ini di ulang kembai Donnie Yen pada edisi penutup  dengan memasang Scott Adkins, aktor laga kelas ‘C’ Hollywood, yang terbiasa tampil dalam film-film berbudget rendah.

Lagi lagi kesalahan terulang lebih fatal,  Ip Man 4 : The Finale yang semestinya mampu mengaduk formula laga nan indah saat bertarung dengan jago karate, ternyata hanya mampu memvisualkan adegan laga adu tendangan dan pukulan adu jotos belaka.

Beladiri Karate yang sangat kita harapkan bakal terasa indah dalam struktur director of photography khas Ip Man, ternyata tak lebih baku hantam liar diatas panggung.

Film Ip Man 4 : The Finale, seperti tak kuasa memberikan kepuasan adegan fightingnya bagi film ini.

Unsur fighting ala Wing Chun saat Ip Man bertemu lawan Karateka-nya teramat mubazir dengan adu gulat dan saling kunci ala adegan fighting di banyak film laga Hollywood dan Hongkong, sekali lagi Liar..!

Alhasil Wilson Yip lupa untuk memanusiakan Ip Man dalam edisi pamungkas ini.

Tapi sudahlah IP Man memnag harus berakhir di instalasi ke 4.

Mungkin Donnie Yen sebagai produser, juga tak perlu hijrah untuk jadi aktor drama (saja), sperti yang pernah ia katakan di hadapan media saat premiere beberapa pekan lalu.

Ada tokoh Bruce Lee (di perankan Danny Chan), Jonah (Vanda Margraf), Wang Zho Hua (Yuen Wu) yang layak untuk garap sebagi spin off Ip Man.

Tiga aktor ini sarat mencuri perhatian, meski porsi scene fight mereka tidak sedahsyat Donnie Yen.

Jika anda pernah menyaksikan franchise One Upon a Time In China ( di tanah air beredar dengan judul ; Kungfu Master ), pasti anda sangat merindukan rekaan sosok karakter Wong Fei Hung yang pernah di perankan Jet Li ( Kungfu Master 1,2,3 dan Kungfu Master in America) dengan ‘tendangan tanpa bayangan’ yang terkenal itu.

Bahkan aktor Vincent Zhao pernah dua seri menggantikan posisi Jet Li -menjadi karakter Wong Fei Hung- yang ribut soal honor dengan dengan Tsui Hark kala itu.

Meski hingga kini belum ada tokoh dan karakter yang menjadi lawan berat Wong Fei Hung itu di buat spin offnya.

Pin pernah ada di era 90-an, film berjudul the Iron Monkey, namun bukan juga spin off.

Hanya mempertemukan karakter rekaan musuh Master Wong itu beradu silat, yang akhirnya menjadi kawan.

Lalu ada kisah legenda kungfu sejati bernama Hua Yuan Jia, yang pernah dimainkan Jet Li lewat Fearless tahun 2006.

Sebagai insutri film besar, Tiongkok masih menyimpan banyak legenda petarung sejatinya, masih banyak yang bisa di filmkan.

Saya sangat menantikan edisi lain dari Ip Man, jika sebelumnya kita melihat penampilan solo Max Zhang dalam spin off pertama Ip Man tahun lalu, lewat Master Z : The Ip Man Legacy, maka patut kita nantikan master-master kungfu siapa lagi yang bakal menjadi spin off-nya. (Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *