Syukuran film Lantai 4 ( foto : kicky herlambang/pojoksinema.com )

Keseriusan film Lantai 4 menggarap horor dan mitos

POJOKSINEMA – Akan sangat berbeda rasa ketika anda menyaksikan film genre horor dengan lainnya seperti drama keluarga, komedi, bahkan aksi sekalipun.

Meski, patut disadari dengen level intelektual yang wajar-lah, bahwa tak semua film berbau horor (dan sejenisnya) di garap dengan serius demi menghibur penonton.

Tak sedikit yang di garap asal ‘bungkus yang penting tayang di bisokop!’

Studio Kreasi Jingga memberikan pemaparan berbeda dalam film horor berjudul Lantai 4 yang di produksinya.

Demi menjaga taste dan flavour sebuah dramaturgi dan story-telling, kolaborasi sutradara FX Purnomo dan penulis naskah Wahyu Nugroho, sangat menjaga kualitas penggarapannya.

Film Lantai 4 yang sedikit berbau mitos tentang angka empat, tak semata di cerna hanya dengan imajiner dan pemahaman klasik bahwa angka 4 adalah sial!

Syukuran film Lantai 4 ( foto : kicky herlambang/pojoksinema.com )
Syukuran film Lantai 4 ( foto : kicky herlambang/pojoksinema.com )

Bagi FX Purnomo dan Wahyu Nugroho, mitos -atau dalam bahasa inggris biasa kita kenal dengan sebutan ‘The Myth’ – dalam¬† kultur cerita Lantai 4 bukan lagi membahas atau memporak porandakan keyakinan ‘turunan’ dengan beragam imajiner konyol tentang angka yang dianggap sial itu.

Duet Purnomo dan Nugroho sepertinya ingin memberikan atmosfir kekinian yang lebih relevan dan aktual, apa arti sebuah judul? demikian jika saya (penulis) menyimaknya

Film Lantai 4 akan meleburkan unsur drama yang kuat , horor yang berselera, warna misteri dan thriller yang tidak membosankan, menurut Wahyu.

Sayangnya sebagai penulis berita/artikel yang selalu membiasakan diri untuk tidak membocorkan detail cerita film.

Meski film Lantai 4 -setelah saya menyimak penuturan Wahyu Nugroho- cukup mencuri perhatian saya, pun demikian adanya saya tetap bertahan untuk setia tidak membocorkan (kehebatan) film ini.

Ahh.. tapi sudahlah, pastinya kita bersabar saja untuk menanti seperti apa kelak jadinya film ini.

Dan satu lagi, saya juga berhindar dari pengharapan semu atau tak ingin berekspetasi bahwa film Lantai 4 akan menjadi film horor bla..bla..bla..

Paling tidak, saya mendapat perhatian khusus (sebagai penulis berita ) dari FX Purnomo bahwa Lantai 4 digarap serius dan menjanjikan sebagai tontonan menghibur dengan kelengkapannya.

Senada dengan FX Purnomo, demikian pula dengan Wahyu Nugroho, yang mengatakan kepada saya¬† ‘menggarap film ini pasti butuh totalitas secara keseluruhan untuk memaksimalkan hasilnya’

” Dalam menangani naskah saya sangat hati-hati. Butuh waktu dua tahun untuk merampungkan naskah film ini,” aku Wahyu kepada pojoksinema.com usai acara syukuran film Lantai 4 di gedung PPHUI, Jakarta, Rabu (12/2) siang.

” Dua tahun saya juga melakukan research tentang mitos angka 4 juga lantai 4. Artinya saya bersama max FX Purnomo akan totalitas menjadikan film ini sebagai hiburan berbobot, punya pesan moral yang kuat dan mengedukasi masyarakat tanpa menggurui,” jelas Wahyu.

Nuraivanka ( foto : kicky herlambang/pojoksinmea.com )
Nuraivanka ( foto : kicky herlambang/pojoksinmea.com )

Sekedar mengingatkan anda yang menggemari genre horor (dan saudaranya) film Lantai 4 akan banyak kejutan dalam melumerkan plot-plot twist.

Usai menjalani proses casting beberapa waktu lalu, studio Kreasi Jingga segera mengeksekusi pengambilan gambar di bulan Februari ini.

Film Lantai 4 yang dibintangi sederet nama beken seperti Yuki Kato, Tyo Pakusadewo, Ingrid Widjanarko, Juy Wow, serta Ruth Marini, Budi Limbad, bintang cilik Aqila Nathaya serta pendatang baru Nuraivanka, di jadwalkan tayang di seluruh bioskop tahun ini juga. (Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *