Dokudrama Keindahan Alam dan Budaya Jawara Desa

Kami ingin masyarakat melihat bahwa di desa masih ada harapan
Kami ingin masyarakat melihat bahwa di desa masih ada harapan

POJOKSINEMADirektorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menggelar gala premiere film Jawara Desa di Djakarta Theatre, Jakarta, Senin (4/12/2023). Film Jawara Desa adalah film dokumenter drama (dokudrama) yang mengangkat kisah nyata tentang potensi desa di Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mengapresiasi karya film Jawara Desa yang menjadi inspirasi dan motivasi bagi masyarakat desa untuk mengembangkan potensi desanya. Ia juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penguatan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Film ini merupakan karya yang harus diapresiasi. Kita harus mendorong agar film dokumenter terus lahir. Apalgi ini tentang desa. Bahwa di Desa ada orang seperti Dadih Leo, yang dalam perjalanan hidupnya, mengalami pergulatan dan akhirnya memilih untuk mengabdikan diri untuk membangun desanya,” kata Suhajar.

Film Jawara Desa mengambil latar tempat di dua desa, yaitu Nagari Padang Ganting, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dan Desa Mandalagiri, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Film ini bercerita  proses perubahan diri seseorang yang akhirnya menjadi pemimpin di desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *