Sisu : Action Beats Yang Sangat Menghibur, Meski Itu Sadis!

Kata “Sisu” bagi saya (penulis) mungkin bisa diartikan kebulatan tekad yang sulit dipatahkan
Kata “Sisu” bagi saya (penulis) mungkin bisa diartikan kebulatan tekad yang sulit dipatahkan

POJOKSINEMAFilm “Sisu” memiliki daya tarik sendiri menghibur penonton dengan ‘action beats’, dialog dan kekerasan membunuh. Film ini memanfaatkan lanskap Finlandia yang suram di tahun 1944 era Perang Dunia II.

Film Sisu menawarkan eksploitasi kekerasan yang sangat menghibur. Sisu menggambarkan karakter Aatami Korpi (Jorma Tommila), pencari emas, yang beruban dan berjanggut.

Lalu berbalut kemeja wol sederhana dan bretel. Korpi dengan kuda dan anjing abu-abu kecil di sisinya, menjalani rutinitasnya.

Dia berjongkok dibibir  sungai dengan panci emasnya, Menyaring air mencari bintik-bintik emas.

Korpi mulai menggali lubang hingga menemukan bongkahan emas. Ia melanjutkan perjalanannya hingga berpapasan dengan militer Nazi, sebelum akhirnya menjadi musuh bebuyutan para tentara Nazi itu.

Film ini juga menjelaskan gambar suram Finlandia saat itu
Film ini juga menjelaskan gambar suram Finlandia saat itu

Kata “Sisu” bagi saya (penulis) mungkin bisa diartikan kebulatan tekad yang sulit dipatahkan. Dan ini yang tergambar pada sosok Korpi.

Kita akan melihat banyak hal dalam film karya sutradara/penulis Jalmari Helander itu. Jalmari cukup berhasil mendesain karakter utama yang garang, berdarah dingin, sadis dan tak banyak bicara.

Korpi tak lain mantan militer pasukan khusus yang sangat produktif. Konon, ia telah berhasil menghabisi nyawa  300 tentara Rusia selama perang musim dingin.

Ia lakukan demi membalas dendam atas kematian istri dan putrinya.

Banyak yang menganggap dirinya adalah hantu yang tak bisa dibinasakan. Sayangnya anggapan popular itu juga tidak cukup untuk mencegah komandan biadab Jerman Bruno (Aksel Hennie).

Film ini juga menjelaskan gambar suram Finlandia saat itu. Daratan dan pegunungan yang sunyi, desa-desa yang hangus  terbakar, orang yang digantung di tiang telepon.

Hampir seluruh infrastruktur negara, dari tanah hingga bentuk komunikasinya, hancur oleh peluru, bom, dan ranjau darat.

Sisu dan Historis

Korpi hanya warga lokal yang mengambil emas, setidaknya untuk melindungi satu dari sedikit sumber daya Negara yang tersisa. Sementara kehadiran Nazi adalah penjajah yang ingin mencuri harta yang tersisa di Negara ini.

review - sisu
Sosok pahlawan yang juga di dukung oleh para perempuan yang di tawan Bruno

Sisu setidaknya tampil dengan citra historis dari Korpi yang mencintai bangsanya. Ketika Nazi mengambil paksa emas miliknya, betapa Korpi sangat memperjuangkan untuk merebutnya kembali.

Alhasil jadilah Korpi yang tidak mati-mati saat meregang nyawanya. Korpi selalu terselamatkan, tidak saja oleh tembusan peluru tapi juga ranjau.

baca juga : One Ranger : Aksi Texas Ranger Yang Tak Melulu Menang Kelahi

Sosok pahlawan yang juga di dukung oleh para perempuan yang di tawan Bruno.

Semua tentang keajaiban Korpi yang susah mati, patut anda nikmati sebagai hiburan saja. Jangan mempercayainya bahwa sosok ini benar-benar ada.

Kecuali mereka, sosok yang memiliki ilmu kebal senjata apapun, itupun jika gak bertemu Malaikat Maut yang siap menjemputnya.(Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *