Thriller fiksi Encounter : Ekplorasi Riz Ahmed yang jauh lebih dalam

Thriller fiksi Encounter : Ekplorasi Riz Ahmed yang jauh lebih dalam
Penggambaran karakter Ahmed sebagai Malik Khan, seorang veteran yang baru keluar dari penjara, terbangun dari tidurnya di sebuah kamar motel murahan dengan gelagat menggelisahkan.

POJOKSINEMAFilm thriller – fiksi ilmiah Encounter ini telah berhasil mengantarkan aktor Riz Ahmed ke dalam dimensi eksploratif seni peran yang lebih lebih dalam.

Ini bisa saya ( penulis) sebut bahwa Riz Ahmed sedang memulai era baru pada kemampuan bakatnya yang lebih tergali dan tertata.

Misi Riz Ahmed untuk memberikan nilai lebih pada kemampuan bakat akting yang sesungguhnya terjawab dengan baik dalam film besutan sutradara Michael Pearce yang tandem dengan Joe Barton untuk menggarap naskah film ini bersama.

Naskah yang ditulis Pearce dan Barton memang tergarap dan ter-eksplor dengan sangat dalam melalui rangkaian letupan emosional yang sarat menyita batin.

Penggambaran karakter Ahmed sebagai Malik Khan, seorang veteran yang baru keluar dari penjara, terbangun dari tidurnya di sebuah kamar motel murahan dengan gelagat menggelisahkan.

encounter
Entah apa yang dilakukan Malik dengan kedua putranya hingga lewat bungkusan ‘misi penyelamatan’

Scene yang diawali dengan gerakan Malik saat harus memukul invertebrata di dinding kamar, sekonyong memberikan sinyal bahwa film ini akan mengajak kita pada misi-misi perlawanan hebat manusia memberantas wabah makhluk aneh atau bahkan Alien ganas sekalipun -yang selalu menjadi tradisi thriller, action, horror, khas Hollywood.

Montase di awal film  terus menggebu kita , ada apa sebenarnya di bumi yang ditinggali malik dan manusia lainnya?

Apalagi saat malik mengajak kedua anak lelakinya yang masih kecil :  Jay Khan ( Lucian – River Chauhan) dan Bobby Khan ( Aditya Geddada), pergi dari rumah ibu mereka.

Piya ( Janina Gavankar ) adalah mantan istri Malik yang kini tinggal bersama pasangannya , Dylan ( Misha Collins ).

Jay dan Bobby tinggal bersama ibunya dan Dylan.

Saat malik memboyong kedua putranya dari rumah mereka tengah malam, kita tidak diperlihatkan apa yang terjadi dengan Piya dan Dylan.

poster encounter
Official poster Encounter

Perjalanan ‘pelarian’ Encounter-pun dimulai.

Malik beralasan bahwa perjalanan yang dilakukannya adalah semata karena kerinduan, sebelum akhirnya ia memberi alasan lain bahwa perjalanan tersebut adalah misi penyelamatan keluarga.

Entah apa yang dilakukan Malik dengan kedua putranya hingga lewat bungkusan ‘misi penyelamatan’

Lagi-lagi sepanjang perjalanan Pearce berhasil mencabik-cabik karakter Malik dengan letupan-letupan emosionalnya yang tak menentu.

Sesekali ia tampil sebagai ‘daddy hero’ namun, beberapa saat kemudian ia pun berubah sebagai sosok karakter yang menjengkelkan dan pemarah, begitu impulsif.

Film Encounter juga mengajak kita untuk lebih memahami tentang makna hidup yang sering terbuang sia-sia.

Apa yang telah dilewati malik dengan masa lalunya, adalah penggalan kisah traumatik yang menjadi teman ‘kesia-siaan’.

Dramaturgi Encounter meluap dengan sekatan-sekatan emosional dan kepalsuan ( dari seorang malik ) tapi tetap bersahaja karena kualitas para bintang yang jempolan!

baca : Yang anda tunggu akhirnya tayang : WeTV Original Kaget Nikah

Aktor cilik  Lucian-River Chauhan dan Aditya Geddada, yang memerankan Jay dan Bobby, memiliki kemampuan yang diatas rata-rata, terasa indah meresapi penampilan dua bocah yang tak terlalu paham akan makna kehidupan.

Mereka hanya tahu, bahwa sudah lama tak bertemu ayahnya.

Disini juga kita masih dimanjakan dengan penampilan aktris multi-talenta Olivia Spencer, yang tetap setia dengan performa terbaiknya. (Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *