Menyimak Trailer “Pemukiman Setan” Yang Katanya Generasi Baru

maudy effrosina - pojoskienam.com
( foto : kicky herlambang/pojoksinema.com )

POJOKSINEMA –  Studio MAGMA Entertainment bersama Rapi Films, Caravan Studio, dan Dunia Mencekam Studios merilis trailer dan poster resmi film “Pemukiman Setan”. Dalam cuplikannya,  film horor aksi yang dirilis mulai 25 Januari 2024 itu tersemat tulisan ‘A new Breed Of Indonesia Horror’.

Charles Gozali, kembali duduk di bangku sutradara untuk membungkus film “Pemukiman Setan”. Film ini digadang sebagai ‘A New Breed Of Indonesian Horror’.

Dengan tagline tersebut  semestinya film ini  mampu membuktikan janjinya. Artinya, secara keseluruhan film ini juga harus berdiri tegak di atas rata-rata film genre horor Indonesia selama ini.

Menggiring selera penonton dalam pertunjukan film memang bukan pekerjaan mudah. Apalagi jika biaya promosinya sangat minimalis.

Namun demikianlah sebuah film, bertaruh uang demi mendulang untung. Film horor nasional sedang berada dalam orbitnya sebagai khasanah penghibur yang sedang ‘digilai’ penggemarnya.

Meski saya (penulis) selama ini menyimak tema dan treatmennya hanya di bedakan dengan judul dan para bintangnya saja, selebihnya yah sama. Bahkan ada juga yang plot ceritanya beda tipis.

Membangun karakter dalam film horor juga bukan tugas mudah meski itu mulia bagi nasib cerita. Sebuah karakter diperjuangkan untuk harus mampu bertahan dengan baik hingga di penghujung cerita.

Pemukiman Setan ini di huni oleh sederat nama beken seperti termasuk Maudy Effrosina, Adinda Thomas, Bhisma Mulia, Daffa Wardhana, Ashira Zamita, Putri Ayudya, Rizky Hanggono, dan Teuku Rifnu Wikana.

Daffa Wardhana mengatakan ini kali pertama dirinya memerankan karakter dengan bahasa Jawa.

” Karakter yang aku perankan itu dengan bahasa jawa. Aku belajar untuk bisa mendapatkan aksen Jawa,” katanya kepada pojoksinema.com, usai jumpa pers di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara bintang muda yang sedang bersinar Maudy Effrosina mengakui sangat senang bisa terlibat dalam pryek film ini.

” Tidak ada keraguan untuk kembali bekerjasama. Disini aku memainkan karakter seorang kakak dengan masa lalu yang kelam,” aku Maudy.

launching poster dan trailer pemukiman setan ( foto: kicky herlambang/pojoksinema.com )
( foto : kicky herlambang/pojoksinema.com )
Lalu seperti apa yang diinginkan Pemukiman Setan dengan mengusung slogan A New Bredd Of Indonesian Horror?

Slogan komersil ini juga harus di topang seberapa baik dan manjur film ini menjumpai jutaan penonton. Jika memang harus, maka menjawab slogan ini adalah dengan pencapaian penjualan tiket sebanyak 100 miliar rupiah!

Barulah, bisa diakui apa yang dimaksud sebagai ‘generasi baru film horor indonesia’ itu.

Trailer “Pemukiman Setan” bagi saya terlihat biasa saja, belum menampakkan diri seperti apa yang disebut dalam teks A New Breed Of Indonesian Horror. Namun memujinya juga tidaklah melebih-lebihkan.

Hal ini normatif saja, bisa sebagai bentuk apresiasi kita, setiap filmmaker dan sutradara memiliki cita rasanya sendiri untuk mendulang cuan.

Pemukiman Setan adalah alat penghibur secara visual audio, mereka juga ingin disambut. Film ini juga berhasrat untuk meraih jutaan penonton di bioskop.

Sangat terbuka peluang bila “Pemukiman setan” ini menjadi film nasional ‘penanggok untung besar’ di awal tahun. Apalagi jika studio film ini juga pandai mengikat hubungan ‘mesra’ dengan para awak media yang telah mendukungnya lewat pemberitaan positif.

baca juga : Trailer Film “The Bricklayer” Seru dan Kerasnya Aksi Aaron Eckhart

Membangun ruang komunikasi yang besar dengan awak media dalam ‘undangan’ perjumpaan screening , peluncuran trailer dan poster serta gala premiere adalah lazim dilakukan (semestinya). Pihak sudah studio film sudah paham bahwa mereka harus menjadi sosok yang tampak pintar di mata jurnalis.

Karena kehadiran awak media sebanyak-banyaknya adalah moment paling di nanti para pemilik kepentingan untuk pandai-pandai ‘meng-elokan’ performa mereka dihadapan awak media.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *