Reboot “Road House” Setelah Ditinggal Mendiang Patrick Swayze

road house
Jake Jake Gyllenhaal

POJOKSINEMA Reboot “Road House” tak lebih dari sekedar film  yang ringan disajikan meski agak membosankan tapi seru dan tegang!

Tidak ada kedalaman cerita yang harus membuat film ini menjadi lebih seru dan tegang.

Keseruan dan ketegangan“Road House” hanya ada dalam adegan-adegan baku hantam dengan tangan kosong, senjata tajam, botol bir di malam malam yang indah.

Kejadian baku hantam itu dimulai saat banyak segerombolan orang-orang pemabuk yang kotor memulai merusak suasana di cafe dan bar  “Road House”. Serupa tapi memang sangat tak sama dengan pendahulunya yang dibintangi mendiang aktor Patrick Swayze di tahun 1989.

Reboot yang dibintangi aktor Jake Gyllenhaal secara visual lebih menarik dan choreography pertarungannya lebih keras. Karena adegan laga di film ini harus terlihat baik,  dimana Jake yang berperan sebagai jawara Petarung UFC di ambang bangkrut.

Untuk itulah butuh alasan kenapa film ini betul-betul bergaya seperti visual laga ala Hong Kong yang jagoannya tampak mahir dengan Kung Fu.

Tapi “Road House” pabrikan sutradara Doug Liman juga tidak bisa berbuat banyak, karena film ini memang set dan plot ceritanya tidak menjalar kemana-mana. Melainkan hanya sepenggal kisah kampung kecil yang ingin dikuasai oleh Taipan demi kepentingan bisnisnya.

Lalu datanglah sang pelindung Elwood Dalton (Jake Gyllenhaal) yang dipekerjakan oleh perempuan muda bernama Frankie (Jessica Williams)  pemilik Road House.

Orlando hanya bertugas mengamankan para perusuh di Road House yang selalu ramai pengunjung  tapi tidak aman. Melihat penampilan dan gaya tarung Gyllenhaal dalam film ini , sangat beda tipis dengan stylenya dalam Southpaw (2015).

Road House Diantara Jake Gyllenhall Dan Patrick Swayze

Berandai saja jika aktor Patrick Swayze masih hidup, mungkin saja ia bisa disandingkan kembali dengan Gyllenhaal. Pasalnya mereka pernah satu film lewat Donnie Darko (2001).

Seumpama saja Swayze memerankan bos empunya “Road House”.

Mendiang Swayze harus berganti baju kala itu setelah ia sukses memerankan tokoh Johnny Castle dalam Dirty dancing (1987), seterusnya ia bermain dalam film aksi seperti Road House dan Point Break (1991), ada juga yang gak laku yakni Steel Dawn.

Film Point Break adalah akhir kejayaan Swayze di layar Hollywood. Tapi justru film ini jugalah yang memboyong nama aktor ganteng Keanu Reeves ke permukaan industri.

Hingga kini Keanu masih bertengger sebagai aktor laga dengan kemashurannya yang bertahan lama.

Swayze juga tampil bersama artis Demi Moore dalam film drama “Ghost”. Penampilan Swayze saat melakukan adegan agak ‘dirty’ dengan Moore dalam film ini menuai kritik pedas.

Kritik itu datang dari aktor Bruce Willis suami Demi Moore, kala itu. Bruce menganggap adegan romantis Swayze dan Moore sangat berlebihan.

Tapi media Amerika melansirnya bahwa Bruce dibakar kecemburuan. Karena adegan itu sangat manis dan penuh chemistry.

Lalu bagaimana penampilan Gyllenhaal dalam “Road House”?  setimpal dengan Swayze. Hanya bedanya nama mendiang aktor itu lebiuh deinela dahulu keindahan bentuk tubuhnya.

Oh iya sekedar catatan kalau Swayze dulu juga berperan sebagai Dalton , namun nama depannya James. Nah kini Gyllenhaal berperan juga sebagai tokoh Dalton yang keras, hanya saja nama depannya diganti menjadi Elwood.

Mungkin penggantian nama depan Dalton, saya tafsirkan sebagai cara Doug Liman menghormati mendiang Patrick Swayze.

Lelucon Dan Sindiran

 

Film action-thriller ini meski penuh dengan baku hantam dan ketegangannya, juga menyematkan banyak lelucon bagus yang menggelitik bahkan sindiran.

baca juga : “I Did it My Way” Action Thriller Andy Lau Paling Seru!

Dalam babak pertama kita akan melihat Dalton masuk ke dalam arena UFC untuk meneriuma tantangan dari alwannya. namun yang terjadi , sang lawan harus keluar dari arena karena tahu ia harus berbaku hantam dengan Dalton yang dikenal sadis.

Ia menolak untuk melawan dalton. Adegan yang cukup kocak.

Ada juga aegan kocak ketika Dalton yang merubuhkan para lawannya justru punya kepedulian mengantarkan mereka ke rumah sakit. Bagi saya ini lelucon tentang sang jawara UFC yang tidak ingin dianggap enteng oleh lawannya yang gak punya modal beladiri apapun.

Ia sekedar memberikan tanda bahwa pertarungan itu sangat menyakitkan!

Film ini menyajikan adegan pertarungan sangat keras antara Dalton dengan Knox, algojo sewaan-  yang dibintangi juara UFC, Conor McGregor, juga dengan beberapa selipan humor ringan. (Q2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *